Rabu, 25 Februari 2009

Pendaratan Darurat Pesawat Lion Air JT 972 Di Bandara Hang Nadim Batam

Pkl.19:07 Pesawat sudah berputar sekitar 6 kali diatas Bandara Hang Nadim, terlihat Roda Depan yg belum dapat berfungsi dengan baik




Pkl.19:17 Pesawatpun terus berputar utk menghabiskan bahan bakar

Pkl.19:22 Malampun menjelang, namun Pesawat masih terus berputar



Pkl.20:15 Pesawatpun mendarat,disambut dengan semburan air dari pemadam kebakaran




Pkl.20:27 Tidak terdapat korban jiwa dalam accident ini




Proses evakuasi






Inilah keadaan Pesawat setelah selesai Proses Evakuasi

Ini foto2 dari saksi mata yg di posting di facebook
Selasa, 24 Februari 2009 21:43 WIB
BATAM, SELASA — Selain Capt Anwar sebagai pilot, penentu keberhasilan pilot Lion Air mendaratkan pesawat MD 90 tanpa roda depan, Senin (23/2) malam di Bandara Hang Nadim Batam, turut dibantu panduan petugas ATC (Air Traffic Control) Bandara Hang Nadim Batam. Indah Irwansyah, Chief ATC Bandara Hang Nadim selaku petugas ATC Senior, menjelaskan, dalam proses pendaratan pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 972 itu, dia juga dibantu oleh Captain Daniel Direktur Operasional Lion Air. Komunikasi intensif antara ATC dan Captain Anwar dilakukan seperti biasa melalui gelombang radio komunikasi penerbangan. Adapun komunikasi dengan Captain Daniel dilakukan via telepon secara bersama-sama. Indah Irwansyah baru memegang mikrofon ATC sek ita r pukul 17.25 WIB. Ia ambil kendali ketika petugas ATC lainnya menjelaskan bahwa pesawat Lion Air yang sedianya akan mendarat melaporkan kendala serius karena roda depan pesawat tidak terbuka. Berikut percakapan ATC Irwan dengan Captain Anwar yang diartikan dalam bahasa Indonesia .
ATC Irwan : "Lion JT972. Di sini ATC, bisa diterima?"
Captain Anwar : "Oke... Silakan..."
ATC Irwan : "Oke... Di mana posisi dan berapa ketinggian?"
Captain Anwar : "Posisi long final , ketinggian 2000 kaki."
ATC Irwan :Lion JT972 silakan lanjut, pertahankan kecepatan, dan arahkan ke landasan pacu 04."
Captain Anwar : "Oke... oke...." Petugas ATC secara berkala menanyakan posisi dan ketinggian pesawat.
ATC Irwan : "Boleh tahu di mana posisi dan di ketinggian berapa."
Captain Anwar : "Oke...."
ATC Irwan : "Lion JT 972 upaya telah dilakukan."
Captain Anwar : "Prosedur manual telah dilakukan."
Captain Anwar : "Saya telah coba pull up ?" Komunikasi ini berlanjut di tiap menit dan tidak terhitung jumlahnya, dan pesawat berputar-putar sebanyak 8 kali di wilayah udara Batam selama lebih dari 1 jam. Sek ita r 30 menit sebelum proses pendaratan darurat, Captain Daniel masuk melalui telepon operator. Captain Daniel menginstruksikan seluruh prosedur penerbangan, untuk pendaratan darurat.
Captain Daniel : "Coba tarik dengan kuat tuas tersebut secara manual."
ATC Irwan : "Lion JT 972, tarik sekuat mungkin tuas tersebut."
Captain Anwar : "Oke... dan sudah dicoba berkali-kali." Sek ita r 15 menit sebelum pendaratan darurat, Captain Anwar dengan suara tenang melapor dan meminta izin ke ATC untuk melakukan prosedur pendaratan darurat.
Captain Anwar : "Permintaan segera untuk mendarat."
ATC Irwan : "Landasan telah bersih dan siap digunakan." Setelah permintaan itu, pada posisi pesawat 5 menit akan mendarat, komunikasi tidak digunakan lagi.
Captain Anwar berkonsentrasi tinggi. Namun, radio komunikasi tetap hidup. Ketika percakapan antara Indah Irwansyah dan Captain Anwar terhenti, percakapan antara Indah Irwansyah dan Captain Daniel terus berlanjut. Bahkan, Indah melaporkan detik per detik pesawat akan mendarat ke Captain Daniel.
ATC Irwan: "Oke... Captain Daniel, posisi pesawat tinggal 15 menit lagi dari landasan pacu."
ATC Irwan : "Oke... Captain Daniel, posisi pesawat tinggal 5 menit lagi."
ATC Irwan: "Oke... Captain Daniel, posisi pesawat tinggal dua detik lagi roda pesawat menyentuh landasan."
ATC Irwan : "Captain Daniel, pesawat menyentuh landasan dengan sempurna."
ATC Irwan : "Captain Daniel, percikan terlihat."
ATC Irwan : "Captain Daniel, pesawat berhenti dan kondisi terkendali." Setelah semua berjalan lancar dan terkendali, Irwan langsung menekan tombol sirine tanda evakuasi penumpang dimulai. Upaya pemanduan Indah Irwansyah sendiri berakhir dengan terikan keras menyebut nama sang pencipta dari pusat kendali ATC, " T erima kasih ya Allah." Terlihat, dari posisi tower , pilot turun terakhir setelah evakuasi penumpang. Pilot langsung digendong beramai-ramai oleh petugas dan tim evakuasi




Senin, 09 Februari 2009

Apakah sudah ada pilihan anda ?????

Pemilu akan dilaksanakan pada hari Kamis 09 April 2009, saya sangat gembira menyambut hari pemilihan tersebut karena esoknya hari libur juga.Sejujurnya saya tak ada kepentingan tentang Pemilu ini, tetapi hanya sekedar mengingatkan rekan- rekan Blogger.
Bagaimana dengan rekan- rekan Blogger sudahkah ada pilihan anda pada tgl 9 April 2009 nanti... Bila ditanya saya! tentu saya jawab ya....untuk DPR,DPRD I,
DPRD II dan DPD. Sebelumnya udah ada keputusan dalam nurani tak akan ikut milih, namun kembali saya pikirkan andai tidak milih sepertinya tak ada tanggung jawab sebagai warga negara Indonesia, sehingga kuputuskan pada tanggal Pemilu tersebut akan ikut milih.... Dan harapan saya kiranya yg saya pilih nantinya adalah org terbaik.

Selasa, 03 Februari 2009

Believe it or Not - Women Tree

INI SUNGGUH MENGHERANKAN ADA BUAH " Nareepol"
NAREEPOL adalah bahasa Thailand

NAREE Artinya : Girl / Woman / Wanita

POL Artinya : Plant / Tree / Pohon / Buah

Jadi NAREEPOL artinya Pohon Buah Wanita

Katanya :
Pohon ini ada di Provinsi PETCHABOON
Yang letaknya kira - kira 500Km dari Bangkok

Ayooo dong kita rame - rame kesono yoooo